Pacaran Sehat Itu Seperti Apa Ya?

Pacaran sih boleh saja, tapi harus mengerti batasannya. Pacaran “sehat” harus diterapkan oleh para remaja agar tidak terkena akibatnya. Nah, bagaimana sih gaya pacaran yang bisa kita sebut dengan pacaran sehat?

1. Sehat fisik
Sehat secara fisik berarti tidak ada kekerasan dalam berpacaran. Biarpun cowok secara fisik memang lebih kuat, bukan berarti cowok dapat seenaknya menindas kaum cewek.

2. Sehat emosional
Hubungan kita dengan orang lain akan terjalin dengan baik apabila ada rasa nyaman, saling pengertian, dan juga keterbukaan. Kita tidak hanya dituntut untuk mengenali emosi diri sendiri, tetapi juga emosi orang lain. Yang paling penting adalah bagaimana kita mengungkapkan dan mengendalikan emosi dengan baik.

3. Sehat sosial
Pacaran sebaiknya bersifat tidak mengikat, artinya hubungan sosial dengan yang lain tetap harus dijaga dan kita tidak selalu fokus hanya pada pacar saja.

4. Sehat seksual
Secara biologis, kaum remaja mengalami perkembangan dan kematangan seks. Tanpa disadari, pacaran juga mempengaruhi kehidupan seksual seseorang. Kedekatan secara fisik dapat mendorong keinginan untuk melakukan kontak fisik yang lebih jauh. Jika hal itu diteruskan dan tidak terkontrol, maka dapat menimbulkan hal-hal yang sangat berisiko.

Nah..bagaimana agar pacaran kita sehat dan tetap awet? Disini kita harus punya prinsip. Artinya, segala sesuatu yang kita lakukan memiliki dasar dan tujuan yang jelas. Dalam berpacaran, mungkin saja kita menemukan perbedaan prinsip, khususnya tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Hal itu adalah wajar, asalkan tetap saling menghargai. Setiap orang, khususnya remaja, mempunyai hak untuk bicara secara terbuka, termasuk mengungkapkan prinsipnya masing-masing.

Mengungkapkan prinsip yang kita pegang akan berpengaruh pada penerimaan orang lain. Maksud dan keinginan kita akan sulit diterima dan dimengerti orang lain kalau kita tidak tahu bagaimana mengomunikasikannya dengan baik. Intinya, kita juga harus mengerti atau memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik.

About these ads

38 Comments »

  1. haney Said:

    ini info dr http://www.info-sehat.com kan?
    tp bagus kok…

  2. haney Said:

    btw…ni …
    cara ngerubah layout di blogspot gimana ya…???
    q dah berkali-kali ngerubah tp kok gak jadi2 terus yakk
    jadi binun nii
    hiks…
    makasi

    ^_^

  3. Resi Bismo Said:

    mending nikah deh, tanggung kalo cm pacaran

  4. dhanee Said:

    beribu cara dah q lakukan tp hasilnya nihil.
    mungkin emang q ma dia ga jodoh.

  5. cheerye Said:

    MiKuM. . .
    aQ m0w taNya
    1. kL0 sMp paCaRaN Leh gax sech?
    2. tMeN q pNya paCR tp tiap kaLi kTeMu mReKa gax peNaH ngoBr0L. . wajaR gax sich?
    PLEASE jaWaB yEw! Thx

  6. Pipiot Said:

    aku bingung maw ngomong pa!
    dah terlanjur jauh buuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. antique Said:

    siiph !
    setuju !

  8. nona cinta Said:

    gmn cara’a mempertahan kan hbungan dgn pacar?
    tp ttp pacran’a sehat’n ga membozankan?

    thx_

  9. naNDa_eVa Said:

    emMmuuuuuUUUUuuuuuaaaAaaAAAaaaaAACHhhhh………………
    eNk niCh,..Mw d0nkz…

  10. ANDIKA Said:

    hati ne akan hancuar tanpa seorang yang kita cya.namun tiada satu pun yang mau q temanin…hari daemi hari yg q lalui malam yang mexigung perasaan yang………dalam bercinta kita harus mulai mengenal satu sama yang lain key……………karna tanpas

  11. hnif Said:

    thanks banget infonya……………sangat membantu banget bwt tmenQ yg lg pcrn

  12. ge mas Said:

    pacarn sehat penting banget lox buat anak-anak di bawah umur, tapi aku pengen nanya,,,
    lox umur ku karang 15 tahun en pacar ku 22 tahun gax pa2 khan?

    • veysite Said:

      menurut saya gak apa-apa,,asal merasa cocok, toh bagus punya co lebih dewasa…
      tapi anda baru 15 tahun jadi sebaiknya utamakan sekolah juga,,prioritas pertama ortu kita melalui pendidikan yaitu menunjukan prestasi kita disekolah…pacaran masalah kedua setelah iotu,,pacaran memotivasi kita untuk dapat prestasi yang baik, atau pacaran tempat kita curhat berbagai hal terutamam pendidikan…semoga bermanfaat.

  13. irawan Said:

    iya betul itu semua
    aku yakin semua remaja di indonesia banyak yang melakukan hubungan seks

    bagi kaum perempuan
    jangan sekali kali berhungan seks karena yang rugi kamu sendiri
    kalau laki laki nggak kan rugi

    hanya penyesalan yang akan menemanimu

    mana ada laki laki yang mau dengan wanita yang sudah pernah melakukan hungan seks dengan orang lain

    jadi jagalah virgin mu
    selagi km masih ingin mendapatkan yang lebih

    ini berdasarkan kisah ku sendiri dengan seorang gadis

  14. adinda Said:

    scra nalar mmang pcran d btuhkn u/ proses pndwasaan,bgtu kta pra psikolog..
    tetapi mnjdkan cnta sbg amanah dr ilahi tu lbh baik,krn kita hrs selalu mnjga kesuciannya…………..okey…

  15. ina Said:

    mm.bner jg siiii,tpi lo pcran ga kntk fisik ga asik….heee

  16. Arul Said:

    Mending tidak pacaran saja hehehe kunjungi blog saya yaw…

  17. Mhey_lestari Said:

    Bagus bgt.

    • chan-CHANZ Said:

      o’a g’mn schi atazioco yang suka minta’i uang ma ce na’
      apa itu trmksd hbgn sehay ?????

      • veysite Said:

        Menurut sikap tersebut kurang baik, bukan berarti saya lebih baik dari beliau. tetapi hanya sekedar pendapat saja, bahwa seorang pria harus banyak berkorban ketimbang dari sisi wanitanya. Karena apabila sudah berumah tangga nanti, seorang pria lah yang mencari nafkah, yang membiayai keluarga,, bukan sebaliknya.

  18. Sha_nonX Said:

    OOOOOOOOOOWWWhhhhhhhhhh………
    jd gtu yach pacaran yang sehat tuch
    siiiiiiiiiiiiip Dech

  19. aiu Said:

    … Setiap pacaran selalu banyakk. 9odaan Syeiton na_ mending Nikah zaa langsunggg… lebih halal la91,,,

  20. diana Said:

    tp klo pas awal” sayaaaang banget am s doi,,
    tp tba” jd bete am c doi, pdahal c doi gg slh apa” ,, ya aq ngrasa ada yang beda ajj am c doi,,
    klo kya gtu tanda’a ap ??

    • veysite Said:

      Beda seperti apa??
      mungkin saya bisa bantu,,kalo masalah sikap,,mungkin kamu bisa tanyakan,,mungkin dy ada maslaah dikeluarga atau teman,,pekerjaan, atau sekolahnya??

  21. kurnia Said:

    bener buanget tuch,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,pacaran ga leh da paksaan ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,q sbagai cwe dukung buanend *****

  22. son tegal Said:

    riting tresno jalaran tonpo busono hehe ^_^

  23. perey Said:

    babai mana cara mempertahankan hubungan, agar pacar kita mau mengerti kesibukan kita?

  24. perey Said:

    bagaimana cara agar pacar mau mengerti keinginan kita????

  25. ike Said:

    bener banget aku se tuju pacaran tu g harus menyerahkan segalanya ter5suk kesucian kita jalani yang wajar2 ajah

  26. ike Said:

    ea lupa aku bener2 sependapat 5 5z irawan,pacaran e5ang perlu ch buat aku,tapi sebisa mungkin kita harus jaga,jangan pacaran di tempat sepi,dtempt yang rame aja hehe

  27. ucrietz Said:

    bagaimana caranya agar dalam berpacaran iku bisa setia…n bagaimana nentuin pacar yang baek bwt kita . trims…..

    • veysite Said:

      Dari yang mudah dulu ya,,hehe..
      Kalo bgaimana nentuin pacar yang baik, menurut saya yang mau diajak susah, bukian sebaliknya. Kalo disaat susah dan sulit dia ada,so gmn bahagianya……ya kan
      Kalo masalah setia, kita harus mencoba setia,dan harus setia. Karena kalo kita mencoba untuk tidak setia, pasangan kita pun bisa untuk tidak setia pula…

  28. maysha Said:

    setuju,,,
    qt ga musti nyerahin smua ma dy,,
    toh blum tntu dy mau tanggung jawab,,
    n dia blum jodoh qta,,
    q mau tnya,,
    bagaimana cra ngatasi cwo yang nafsunya besar & egois?

    • veysite Said:

      Bismillahhirrohmannirrahim,, sebagai wanita harus pintar-pintar menjaga diri. Mungkin anda bisa memberi pengertian kepada pasangan anda untuk lebih bisa bersabar, apabila hal itu masih tidak ada tanggapan, mungkin anda bisa mengambil sebuah tindakan tegas agar beliau bisa berpikir bahwa sikap nafsu dan egois bukan ditunjukan untk pasangan kita, tetapi cinta, kasih sayang dan pengertian adalah yang harus ditunjukkan.Sikap tegas yang saya maksudkan untuk menyadarkan beliau, bukan untuk membenci, ataupun hal – hal buruk lainya.

  29. ce_manjja Said:

    Tppi’
    kllu bwad ngindarin hal”yg ngatif udh di lkuin ttp gg bsa gmana…

    aph msti tegas bwad “bubar

    Cz’
    bner”gg gmpang bnget bwad ngindrin nthu cmmua

    • veysite Said:

      Itu namanya ujian buat diri kita, bagaimana kita bersikap dan bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan, dan jangan lupa bagaimana cara kita bisa mensiasatinya.
      Lakukan yang menurut kata hati benar dan tidak menyimpang. Tenang saja, kalo jodoh gak kmana, kalo masih pacaran tanggung jawabnya masih orang tua, jadi berbakti saja sama orang tua, nanti jodoh dan rezeki pasti mengikuti, karena ridhonya orang tua adalah Ridho Nya…

  30. tika Said:

    a py co,tp low stiap QT ktmwn ndk ngobrol!! wjar ndk c??
    a hruz gmn?? blz y,.. tlong beri a solusi.

    • veysite Said:

      Dalam suatu hungan jika tidak ada humor, berarti ada masalah namaya. Begitu saja dianggap ada masalah, apalagi tidak bicara ataupun mengobrol. Mungkin bisa ditanyakan dengan hal – hal yang sederhana, seperti “Gmna keadanya??”, ” sudah makan atau belum??”, atau pertanyaan – pertanyaan lain yang bisa mencairkan suasana, tunjukan rasa care kita kepada pasangan.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: